Pages

Monday, October 18, 2010

Sulitnya Berbagi Pengetahuan di dalam Perusahaan

Banyak pihak yang merasa berbagi pengetahuan adalah salah satu hal yang menjadi faktor utama dalam kemajuan karyawan, organisasi dan perusahaan. Anggap saja seorang karyawan akan menjadi tertinggal karena minimnya share pengetahuan dari karyawan lain. Akan tetapi terdapat beberapa kendala dalam menerapkan sharing knowledge sebagai bagian dari knowledge management. Kendala untuk saling berbagi disebabkan beberapa faktor, antara lain:

1. Tools atau alat yang digunakan untuk saling berbagai pengetahun masih sangat sulit ditemukan dan belum semua orang bisa menggunakan.
2. Sebagian orang menggangap bahwa untuk mendapatkan suatu ilmu pengetahuan memakan banyak biaya dan resources
3. Belum adanya pihak yang fokus dalam mengelola pengetahuan itu sendiri menjadi faktor penghambat berbagi pengetahuan.
4. Kultur organisasi yang belum mengerti tentang pentingnya berbagi pengetahun juga sangat menghambat.
5. Adanya kompetisi dalam suatu komunitasi memungkinkan penghambatan terhadap berbagi pengetahuan.
6. Adanya rasa ketidakpercayaan di dalam diri karyawan dalam berbagi pengetahuan terhadap sesame karyawan.
7. Adanya perasaan diri sudah dalam comfort zone sehingga tidak perlu lagi belajar bahkan cenderung untuk menyimpan pengetahuan yang dimiliki agar tidak mengganggu posisinya.

Dari ketujuh hal di atas dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kesulitan dalam berbagi pengetahuan adalah dikarenakan adanya paradigma yang salah mengenai learning and sharing dalam penerapan knowledge management. Perusahaan disarankan untuk mulai merubah paradigma karyawan bahwa pengetahuan bisa didapatkan dengan mudah, biaya rendah dan hemat resources melaui penerapan knowledge management. Selain itu organisasi perusahaan perlu merubah kulturnya agar mendukung penerapan knowledge management dengan menanamkan pentingnya berbagi pengetahuan dan meruntuhkan kompetisi antar unit yang menghambat penerapan knowledge management. Tindakan-tindakan ini diiringi dengan memberikan fasilitas yang baik kepada karyawan sebagai para pengguna dan menunjuk suatu institusi internal yang memfokuskan diri dalam pengelolaan pengetahuan tersebut.

No comments:

Post a Comment