Pages

Wednesday, October 13, 2010

Apa Pengertian Knowledge Management?

Knowledge management atau manajemen pengetahuan adalah topik yang menarik untuk dibicarakan saat ini. Tapi banyak yang belum mengerti secara jelas apa pengertian dasarnya. Berikut ini beberapa pengertian dasar dari knowledge management atau manajemen pengetahuan:

Davenport
Manajemen pengetahuan adalah proses menterjemahkan pelajaran yang dipelajari, yang ada dalam diri/pikiran seseorang menjadi informasi yang dapat digunakan setiap orang.

Gupta
A process that helps organizations find, select, disseminate, and transfer important information and expertise necessary for activities such as problem solving, dynamic learning, strategic planning and decision making.

Bhatt
A process of knowledge creation, validation, presentation, distribution, and application.

worldIQ
Knowledge management is associated with the processes for the creation, dissemination, testing, integration, and utilization of knowledge within organizations.

Jarvenspaa dan Maki
Creation of new knowledge, knowledge sharing and diffusion, and tools and methods to promote them.

Wikipedia
Manajemen pengetahuan (Bahasa Inggris: knowledge management) adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.
Transfer pengetahuan (salah satu aspek dari manajemen pengetahuan) dalam berbagai bentuk, telah sejak lama dilakukan. Contohnya adalah melalui diskusi sepadan dalam kerja, magang, perpustakaan perusahaan, pelatihan profesional, dan program mentoring. Walaupun demikian sejak akhir abad ke-20, teknologi tambahan telah diterapkan untuk melakukan tugas ini, seperti basis pengetahuan, sistem pakar, dan repositori pengetahuan.

Kesimpulannya? Submit your comment :)

No comments:

Post a Comment