Pages

Monday, October 18, 2010

Mengapa Menerapkan Konsep Knowledge Management

Penerapan konsep knowledge management sebagai implementasi yang efektif di suatu organisasi adalah inovasi yang akan mendukung kelestarian dan berdaya saing organisasi tersebut. Inovasi dalam produk dan layanan perusahaan menjadi pemicu utamanya. Bagaimana perusahaan akan dapat berinovasi apabila tidak didukung oleh pengetahuan yang dimilikinya. Menciptakan suatu organizational learning, yang bertujuan untuk saling berbagi dan belajar untuk kemajuan bersama. Contoh hasilnya adalah swot analysis, menentukan pesaing dan trend pasar. Hasil-hasil tersebut hanya dapat dilakukan bersama dengan menggunakan pengetahuan bersama. Kesemuanya ini sebenarnya bertujuan untuk membangun core competences yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Bagi karyawan, pola hubungan antar elemen menjadi pemicu mengapa penerapan knowledge management menjadi kebutuhan bagi perusahaan. Karyawan akan dapat mempelajari dan menerapkan serta menjalin hubungan yang baik antar sesame karyawan dan kepada pihak luar melalui pengetahuan yang diperbagikan di dalam knowledge management. Pengetahuan ini akan diolah untuk dapat memahami kebutuhan, perilaku dan hambatan baik ke dalam maupun ke luar dari organisasi. Selain itu mobilitas karyawan juga dapat ditingkatkan melalui pengetahuan-pengetahuan yang diperbagikan dan dipelajari di dalamnya.

Pemanfaatan infrastruktur secara regional dan global seperti internet dan intranet menjadi salah satu alasan penerapa knowledge management. Efisiensi dalam menyimpan dan agar lebih mudah ditelusuri kembali pengetahuan yang sudah terakumulasi juga perlu digaris bawahi dari segi infrastruktur. Mengapa infrastruktur seperti ini tidak dimaksimalkan dan sudah jelas untungnya bagi perusahaan dan karyawan itu sendiri.

Dalam suatu organisasi yang telah menerapkan knowledge management dan organizational learning memungkinkan terjadinya suatu pengetahuan baru karena terjadinya forum atau linkage antar karyawan baik atasan maupun bawahan, pengguna produk atau layanan, rekanan dan industri dimana perusahaan ini terlibat sehingga terjadi proses sosialisasi dari tacit ke tacit. Selain itu juga terjadi proses articulation yaitu konversi dari tacit ke explicit, serta proses internalization yaitu konversi dari explicit ke tacit.

No comments:

Post a Comment