Pages

Monday, October 18, 2010

Pengukuran Nilai Bisnis Terhadap Investasi Teknologi Informasi

Pengukuran nilai bisnis terhadap investasi teknologi informasi di dalam suatu perusahaan tidaklah mudah, karena manfaat TI tidak hanya bersifat tangible, tetapi juga intangible. Proyek teknologi informasi yang beragam cenderung sulit diukur kinerja secara fisik. Di sisi lain, manajemen perusahaan menginginkan adanya evaluasi periodik untuk mengetahui keberhasilan proyek teknologi informasi tersebut.

Untuk mengatasi kesulitan dalam pengukuran itu, maka perlu dilakukan konversi komponen dalam proyek menjadi sumber daya yang digunakan. Salah satu sumber daya yang dapat mengkonversi adalah uang. Keberhasilan dari proyek tentunya menjadi keberhasilan dalam organisasi perusahaan tersebut. Oleh karena itu, pengukuran nilai teknologi informasi yang dikonversi dalam bentuk uang menjadikan alternatif pengukuran dan penilaian kinerja organisasi sehingga manajemen perusahaan dapat mengetahui apakah proyek teknologi informasi tersebut sudah tepat guna dan tepat waktu.

5 teknik yang diajukan dalam mendukung proses evaluasi investasi TI adalah analisa biaya – manfaat tradisional, pertalian nilai atau value chain, akselerasi nilai, restrukturisasi nilai dan evaluasi inovasi. Kelimanya memiliki kelebihan dan kekurangan, akan tetapi pemanfaatannya akan maksimal apabila bisa saling mendukung satu sama lain dalam menentukan suatu nilai dari investasi TI yang telah dikeluarkan.

No comments:

Post a Comment